Jadikanlah Dirimu Manusia yang berakhlak Mulia dan mau berbagi dengan sesama

Kamis, 25 Februari 2010

Belajar Gerak

Pengertian belajar gerak
Belajar gerak secara khusus dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan atau modifikasi tingkah laku individu akibat dari latihan dan kondisi lingkungan (Drowatzky, 1981).
Schmidt (1988), menyatakan bahwa belajar gerak mempunyai beberapa ciri yaitu:
a. Merupakan rangkaian proses
b. Menghasilkan kemampuan untuk merespon.
c. Tidak dapat diamati secara langsung, bersifat relative permanen
d. Sebagai hasil latihan
e. Bisa menimbulkan efek negative dalam belajar gerak, ada beberapa gerak dasar yang harus dikuasai oleh setiap anak usia dini.

Adapun gerak dasar yang dimaksud dapat digambarkan sebagai berikut:

Gagne, 1977:3
Belajar gerak adalah sebagai tingkah laku atau perubahan kecakapan yang mampu bertahan dalam jangka waktu tertentu, dan bukan berasal dari proses pertumbuhan.

Romiszowski, 1988:253
Belajar gerak adalah belajar yang diwujudkan melalui respon – respon maskular, yang pada umumnya diekspedisikan dalam gerak tubuh atau bagian tubuh.

Rabb, 1972
Belajar gerak merupakan suatu pengaturan kembali pola gerak dasar yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku gerak yang terjadia sebagai suatu hasil latihan.

Weineck,1983 : 71
Tugas utama dalam belajara gerak adalah penerimaan segala informasi yang relevan tentang gerakan-gerakan yang dipelajari kemudian mengolah dan menyusun informasi tersebut memungkinkan suatu realisai secara optimal.


Bentuk Dan Jenis Aktivitas Motorik

1. Keterampilan(skill) adalah tindakan yang memerlukan aktivitas gerak dan harus dipelajari agara mendapatkan bentuka yang benar.
2. Kemampuan (ability) adalah :
- Menurut Edwin Flaishman Kemampuan adalah merupakan suatu kapasitas umum yang berkaitan dengan prestasi berbagai macam keterampilan
- Pola gerak menurut Godfrey


KETERAMPILAN MOTORIK TINGKAT PERTAMA

Fase belajarar motorik adalah suatu fase yang menggambarkan keadaan penguasaan keterampilan motorik seseorang dalam melaksanakan gerakan-gerakan olahraga.
Kemampuan seseorang untuk dapat menguasai keterampilan-keterampilan motorik olahraga yang berbeda-beda yang disebabkan oleh antara lain:
• Perbedaan kemampuan kondisi dan koordinasi yang dimiliki
• Perbedaan usia
• Perbedaan pengalaman gerak
• Perbedaan jenis kelamin
• Perbedaan kognitif
• Frekwensi latihan dan sebagainya.


Ciri-Ciri Umum Kemampuan Fase Belajar Motorik Tingkat Pertama

Ciri-ciri umum kemampuan fase belajar motorik tingkat pertama adalah penguasaan kemampuan motorik dalam bentuk kasar, seseorang yang berada dalamfase ini hanya mampu melaksanakan gerakan-gerakan yang dituntut bila situasi dan kondisi mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar